Jumat, 11 Mei 2012

KETIDAKTHUAN SUMBER KEGAGALAN


Banyak orang yang gagal meraih cita-citanya bukan karena ia tidak tahu ke arah mana jalan yang harus ditempuh. Menurut sejumlah ahli, kegagalan yang mereka derita terjadi karena mereka tak tahu apa yang harus mereka lakukan. Sering kali, seseorang menerjemahkan pepatah semacam, "Gantungkan cita-citamu setinggi langit", dengan hanya menetapkan cita-citanya yang tinggi tanpa dibarengi usaha yang semestinya dilakukan. Mereka memang berusaha, tetapi usahanya kerap sia-sia atau hanya memberikan perkembangan sedikit yang mengarah ke cita-cita yang diinginkannya. Sering kali malah jalan di tempat sehingga usahanya hanya untuk bertahan hidup bukan untuk meningkatkan taraf hidup.
Ketidaktahuan semacam itu bisa diatasi dengan cara mencari mentor yang sudah terbukti sukses. Pelajari apa yang sudah dilakukannya dan minta nasihatnya untuk kita jalankan. Seorang mentor akan memberikan solusi dan strategi yang harus kita tempuh.
Misalnya, jika kita ingin sukses jadi penulis yang bukunya laris, cari tahu apa yang mereka lakukan, kebiasaan apa yang mereka kerjakan saat peluncuran bukunya sehingga bisa laris, dan sebagainya. Ini penting karena, sukses sering kali bisa diduplikasi. Tantangannya adalah mengidentifikasi sistem yang menjamin kesuksesan mereka. Misalnya, jika ternyata mereka melakukan wawancara minimal di 3 radio dalam sehari pasca peluncuran bukunya, maka kita harus melakukan hal yang sama.
Begitupun jika ingin menjadi olahragawan sukses. Kita harus meniru apa yang dilakukan atlet-atlet sukses. Ikuti cara latihannya, takaran latihannya, jangan sampai kurang. Kalau bisa melebihi mereka sehingga sukses kita lebih baik lagi.
Sedangkan untuk menemukan mentor tak hanya bisa dilakukan secara fisik, bisa juga dengan membaca riwayat hidupnya yang detail dari buku-bukunya. Kuncinya adalah menemukan sistem yang menjamin kesuksesan kita. Jika kita tidak pernah menemukan sistem yang tepat, kita tidak akan memiliki arah yang jelas dalam perjalanan menuju sukses. Dan tentunya kita akan gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar