Jumat, 25 Mei 2012

Jadi Bintang Karena Kecelakaan

Tanggal 23 Februari 2000 adalah hari bersejarah bagi Carlos Santana. Saat itu ia mendapat pengakuan luar biasa di malam penganugerahan Grammy Awards dengan sebuah rekor. Dialah (bersama Michael Jackson) yang mampu merebut delapan Grammy (melalui album Supernatural) dalam satu malam yang merupakan rekor yang belum terpecahkan hingga kini. Carlos Santana sendiri bukanlah penyanyi. Ia adalah pemain gitar. Permainan gitarnya memang luar biasa. Jarang-jarang seorang pemain musik begitu dominan dalam suatu band.Namun Santana adalah kekecualian.
Santana lahir di Autlán de Navarro, Jalisco, Meksiko, pada 20 Juli 1947. Pada awalnya ia belajar biola saat usianya lima tahun. Namun menginjak usia delapan tahun ia mulai tertarik pada gitar. Ia sendiri terpengaruh oleh musisi dari Amerika Latin, Ritchie Valens, seorang penulis lagu, penyanyi dan pemain gitar, yang jadi bintang di Amerika Serikat. Ketika itu jarang-jarang musisi dari Amerika Latin bisa bersaing dengan musisi lainnya di AS.
Kemampuannya bermain gitar bertambah ketika keluarganya pindah ke San Francisco. Di sinilah ia berkesempatan untuk melihat langsung para bintang pujaannya. Di antaranya ia bisa menonton BB King secara live. Dari permainan gitar BB King inilah mimpinya menjadi pemain gitar kelas dunia dimulai. Sedangkan kemampuannya bermain gitar terasah oleh berbagai aliran musik yang ia tonton dan gemari.
Ia memang tak segera menjadi pemain musik. Selepas SMA untuk mendapat penghasilan Santana bekerja sebagai pencuci piring di restoran. Akan tetapi tekadnya untuk menjadi pemusik mendorongnya untuk mendekati berbagai pertunjukan. Salah satunya Fillmore West, pertunjukan musik yang digagas promotor musik Bill Graham. Seringnya nonton di sana membuatnya dikenal oleh sejumlah kru di sekitar acara pertunjukan itu.
Bill Graham sendiri termasuk promotor yang terbuka pada musisi-musisi baru. Band baru bisa tampil di sana asalkan memiliki kemampuan yang bisa dipertanggungjawabkan. Suatu kali jadwal tampil siang hari adalah grup band yang dikomandoi Paul Butterfield. Sayangnya Butterfield sendiri tak bisa tampil karena mabuk berat. Bill Graham kelimpungan mencari penggantinya. Masalahnya, saat itu grup band tersebut tak siap mencari pemain gitar pengganti.
santana
Seorang teman Santana yang kenal Bill Graham mengusulkan agar Santana menggantikannya karena ia memiliki kemampuan gitar luar biasa. Setelah dites mendadak, akhirnya Bill setuju. Santana sendiri tampil dulu sendirian di panggung dan segera saja kemampuannya bermain gitar memukau penonton termasuk Bill Graham sendiri.
Meski begitu grup band tersebut hanya hidup di panggung. Setelah itu Santana mencari pemusik lain untuk membentuk band sendiri. Akhirnya ia mengajak sesama pemusik jalanan, David Brown dan Gregg Rolie, membentuk Santana Blues Band. Dengan grup band ini ia tampil di berbagai panggung di San Francisco. Dan penampilannya di Woodstock tahun 1969 membuatnya dikontrak Columbia Records. Dari sanalah perjalanan karier profesionalnya dimulai.
Orang mungkin menganggap, karier Santana terdongkrak karena "kecelakaan" akibat seorang pemusik sekelas Paul Butterfield gagal tampil karena mabuk. Namun tanpa dibekali kemampuannya yang luar biasa, kesempatan itu akan sia-sia. Beruntung Santana sudah siap sehingga kini ia jadi bintang.


sumber : www.andriewongso.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar