Selasa, 05 Juni 2012

Soekarno dan Pengakuan Dunia


Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno begitu terkenal di dunia. Bahkan hingga kini tetap menjadi bagian dunia dan seolah tetap hidup. Di sejumlah negara namanya diabadikan menjadi nama jalan atau lainnya, seperti di Maroko, Mesir, Aljazair, Pakistan, dan lain-lain. Jika masih hidup Soekarno yang lahir di Surabaya, 6 Juni 1901 ini akan berusia 111 tahun tepat pada hari ini. Namun Presiden pertama RI itu meninggal pada 21 Juni 1970 dalam usia 69 tahun.
Di percaturan internasional Soekarno banyak memberikan gagasan-gagasan yang brilian. Ketika menyadari banyak negara-negara Asia-Afrika masih belum merdeka, muncullah gagasannya mengadakan Konferensi Asia-Afrika yang akhirnya terselenggara pada tahun 1955 di Bandung. Ia juga menjadi penggagas berdirinya Gerakan Non Blok yang disegani negara-negara Barat. Berkat jasanya itu, banyak negara-negara Asia-Afrika yang memperoleh kemerdekaannya. Tak heran jika Soekarno banyak dikenang oleh berbagai negara dan bahkan menjadikannya sebagai pahlawan.
soekarno-col
Semasa hidupnya, Soekarno mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari 26 universitas di dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri antara lain diperoleh dari Universitas Gajah Mada (19 September 1951), Institut Teknologi Bandung (13 September 1962), Universitas Indonesia (2 Februari 1963), Universitas Hasanuddin (25 April 1963), Institut Agama Islam Negeri Jakarta (2 Desember 1963), Universitas Padjadjaran (23 Desember 1964), dan Universitas Muhammadiyah (1 Agustus 1965), dan sebagainya. Sedangkan dari luar negeri antara lain dari Columbia University (Amerika Serikat), Berlin University (Jerman), Lomonosov University (Rusia) ,dan Al-Azhar University (Mesir), dan sebagainya. Bahkan setelah meninggal pun masih ada penghargaan yang diberikan kepadanya.


sumber : www.andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar