Kamis, 05 April 2012

Mengetik Tercepat di Dunia

Seberapa banyak kata bisa diketik seseorang dalam semenit (words per minute/wpm)? Rata-rata orang bisa melakukannya sekitar 33 kata per menit. Dan jika ia bisa mengetik sebanyak 40 kata termasuk kategori cepat. Sedangkan jika hanya 23 kata per menit termasuk lambat. Kaum profesional (professional typist), menurut Wikipedia, bisa mengetik dengan kecepatan 50 hingga 80 kata per menit.Ini pun masih bisa ditingkatkan lagi hingga mencapai lebih dari 120 kata per menit untuk mereka yang bisa disebut ahli.
Namun seberapa banyak kata yang bisa diketik oleh seseorang sebenarnya? Tahun 1946 Stella Pajunas-Garnand dari Chicago membuat rekor sebagai pengetik tercepat di dunia dengan kemampuannya mengetikkan 216 kata dalam semenit. Ia melakukannya di atas mesin tik elektrik IBM.
Seorang pengetik ulung juga lahir di Inggris, yaitu Barbara Blackburn. Pada tahun 2005 ia berhasil membuat rekor sebagai Fastest English Language Typist in the World versi The Guinness Book of World Records. Ia mampu mengetik dengan kecepatan 150 wpm dengan konstan selama 50 menit. Dalam jangka pendek ia bisa mencapai 170 wpm dan rekor terbaiknya 212 wpm.
Masih adakah yang lebih cepat dari mereka? Sejak tahun 2009 tersebutlah seorang lelaki Amerika bernama Sean Wrona yang begitu populer sebagai pengetik tercepat di dunia. Ia berkali-kali menjadi juara di kompetisi mengetik. Dalam ketahanan mengetik ia bisa mengalahkan Blackburn karena mampu mengetik dengan kecepatan 170 wpm selama 50 menit terus-menerus. Pada suatu kesempatan ia berhasil menjuarai TypeRacer, kompetisi mengetik dengan input nama-nama mobil yang muncul di layar komputer, dengan kecepatan hingga 256 wpm.
wrona
Sean Wrona, pengetik tercepat di dunia.
Artinya seorang manusia jika terus berlatih bisa memiliki kemampuan mengetik dengan kecepatan lebih dari 256 kata per menit. Adakah yang bisa lebih cepat lagi dari Sean Wrona?Jangan-jangan Anda bisa melakukannya.

sumber : www.andriewongso.com

3 komentar:

  1. saya menggklaim saya tercepat didunia...kalau saya membaca rekor dunia diatas...saya kerja selama 5 tahun diperusahaan saya tercepat bahkan saya bisa 5 s/d 6 huruf perdetik dan 6 s/d 8 angka perdetik

    BalasHapus
  2. @zaindin kau cuma lima sampai enam huruf perdetik gua juga bisa kali,
    yang hebat itu lima sampai enam kata perdetik

    BalasHapus
  3. info yang bagus mas.. boleh jadi inspirasi saya ya. terimakasih

    BalasHapus