Senin, 11 Februari 2013

The Black Keys Raih 4 Grammy Award

Kemenangan besar diraih grup rok The Black Keys pada ajang Grammy Award ke-55 tahun 2013. Grup band rok asal Ohio, AS, in meraih Grammy untuk kategori Best Rock Performance, Best Rock Album, Best Rock Song, dan Producer of the Year untuk Dan Auerbach.

Grup ini hanya terdiri dari dua orang dan didirikan tahun 2001 di Ohio oleh Dan Auerbach (gitar, vokal) dan Patrick Carney (drum). Keduanya sepakat mendirikan grup band itu setelah sama-sama drop out dari kuliahnya. Auerbach dan Carney sudah saling kenal sejak usia 10 tahunan karena sama-sama tinggal di Akron, Ohio. Kedua terus bersahabat.

Saat di SMA mereka sebenarnya memiliki minat berbeda. Auerbach sibuk di sepakbola sekolah dan menjadi kapten tim sedangkan Carney lebih suka kegiatan sosial. Keduanya kembali dekat sekitar tahun 1996 ketika Auerbach belajar main gitar sedangkan Carney belajar drum, namun minat ke musik paling besar adalah Auerbach. Setelah lulus SMA keduanya sama-sama masuk ke University of Akron sebelum akhirnya drop-out.

Auerbach kemudian mencoba mencari nafkah menjadi penyanyi bar. Namun saat ingin mencoba peruntungan di kota besar ia membutuhkan demo sebagai syarat melamarnya. Saat itulah ia menghubungi Carney untuk membantunya. Carney akhirnya menyediakan garasi dan perlengkapan rekaman yang dimilikinya untuk kebutuhan Auerbach. Saat itu Auerbach sedang mencari pemain band yang bersedia mendampinginya membuat rekaman namun ditunggu berhari-hari mereka tak juga datang. Sambil menunggu, Auerbach dan Carney malah sering main game.

Karena yang ditunggu tak juga datang suatu kali mereka bersepakat membuat grup band duo pada pertengahan tahun 2001. Mereka kemudian merekam enam lagu demo yang mereka tawarkan ke sejumlah perusahaan label. Namun dari belasan perusahaan yang dilamarnya, hanya satu perusahaan yang mau menerimanya yaitu Alive, sebuah perusahaan indi. Perusahaan ini kecil bahkan mereka harus merekam albumnya di garasi Carney. Tapi album pertama akhirnya keluar, The Big Come Up, pada tahun 2002.

Nama The Black Keys sendiri diilhami dari seorang seniman bernama Alfred McMoore yang mereka kenal. Setiap kali dihubungi, McMoore selalu menjawab dengan pesan yang direkam di mesin penjawab yang disebutnya “Black Keys”. Nama itulah yang kemudian mereka gunakan untuk grup band-nya.

Meski album pertama itu tak berhasil dari sisi komersial, namun mendapat banyak kritik. Malah ia kemudian mendapat tawaran dari perusahaan label yang lebih besar yang kemudian melahirkan album kedua (Thickfreakness, 2003). Mereka sempat juga frustrasi karena secara komersial album-album mereka tak menguntungkan. Bahkan mereka sempat nombok saat tur Eropa.

Akhirnya usaha mereka berhasil. Album Brothers (2010) sukses dengan meraih tiga  Grammy Award. Tahun ini sukses berikutnya mereka raih. Album El Camino yang mereka rilis tahun 2011 berhasil menyabet 3 Grammy Award plus satu Grammy untuk Auerbach sebagai produser terbaik pada Grammy Award 2013. Album El Camino hingga Januari 2013 terjual sebanyak 1,1 juta kopi.  Ketekunan mereka akhirnya membuahkan hasil.



____________

Foto: Blogcdn.com dan Latimes.com
sumber:www.andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar