Senin, 11 Februari 2013

Kemenangan Mandela

Runtuhnya politik apartheid di Afrika Selatan dimulai ketika Nelson Mandela dibebaskan dari penjara pada 11 Februari 1990. Sebagai aktivis Nelson Mandela mengikuti African National Congress (ANC) dari tahun 1942. Karena kegiatannya yang antiapartheid, ia menjalani berbagai masa hukuman. Pada 5 Agustus 1962, Mandela ditangkap dan dipenjarakan di Johannesburg Fort. Ia dijatuhi hukuman lima tahun pada 25 Oktober 1962. Pada 12 Juni 1964, ia dan sekelompok aktivis lainnya malah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Setelah menolak pembebasan bersyarat dengan menghentikan perjuangan bersenjata pada Februari 1985, Mandela tinggal di penjara sampai dibebaskan pada 11 Februari 1990 atas perintah Presiden Frederik Willem de Klerk. Pembebasan itu terjadi karena Pemerintahan Willem de Klerk mendapat tekanan dari seluruh dunia. Mandela dan de Klerk kemudian sama-sama mendapatkan hadiah Nobel Perdamaian pada 1993.

Nelson Rolihlahla Mandela lahir di Mvezo, 18 Juli 1918. Mandela sekolah di Wesleyan yang merupakan sekolah misionaris. Dari gurunya yang seorang Metodis di sekolah itulah ia mendapat nama Nelson. Pada usia 16 tahun, ia masuk Clarkebury Boarding Institute. Setelah itu ia mengambil program Bachelor of Arts di Fort Hare University. Di universitas ini ia bertemu dengan Oliver Tambo yang jadi sahabatnya dan mendukung karier politiknya. Di universitas inilah ia mulai terlibat dalam kegiatan politik oposisi. Pada akhir tahun pertama kuliahnya ia malah diminta mengundurkan diri karena menentang kebijakan universitasnya. Ia kemudian pindah ke Johannesburg dan melanjutkan kuliahnya di University of South Africa.

Setelah itu politik mendukung Mandela. Hingga akhirnya pada pemilihan umum tahun 1994 Mandela terpilih menjadi presiden Afrika Selatan pertama yang berkulit hitam. Itulah awal kemenangan perjuangan politik antiapartheid yang terus dilakukan sekitar 30 tahun sebelumnya. Mandela mengukuhkan bahwa perjuangan yang tak kenal lelah dan tak kenal rasa takut pada akhirnya bisa membuahkan hasil.

_______________
Foto: Telegraph.co.uk
sumber : www.andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar