Sabtu, 08 September 2012

Menyatukan Dunia dengan Musik


Bagaimana hasilnya jika para pemusik jalanan (pengamen) dari seluruh dunia dikumpulkan untuk menyanyikan satu lagu yang sama? Mark Johnson punya caranya sendiri.
Tahun 2004 bersama sejumlah temannya ia berkeliling dunia mencari pengamen yang memiliki suara bagus atau kemampuan bermain musik yang andal. Dimulai dari Amerika. Ia memilih lagu populer Stand by Me (BB King) yang terkenal ke seluruh dunia pada tahun 1960-an sebagai proyek awal.
Di Amerika mereka menemukan pengamen bernama Roger Redley, yang biasa mangkal di jalanan Santa Monica, California. Lalu pergi ke New Orleans, Louisiana, dan menemukan kakek pengamen yang biasa menyanyi dengan harmonikanya, Grandpa Eliott. Dengan bantuan teknik mixing di studio, satu per satu penambahan iringan alat musik dan penyanyinya menjadi lagu yang komplet. Para pemainnya tak hanya dari Amerika. Johnson dkk telah mengunjungi Belanda untuk merekam suara Clarence Bekker. Kemudian ke Prancis, Brazil, Rusia, Italia, Afrika Selatan, Congo, dan sebagainya, sampai lagu Stand by Me menjadi lagu yang utuh.
Ketika lagu itu di-upload ke Youtube, tak perlu waktu lama,video itu banyak yang melihat. Hingga kini video Stand by Me di Youtube sudah diputar lebih dari 40 juta kali. Nama Playing for Change pun jadi populer dan kini malah jadi yayasan yang didukung berbagai elemen masyarakat di dunia dengan moto "Inspire, connect, and bring peace to the world through music".
playing
Mark Johnson saat mengambil gambar penyanyi jalanan.  
Menurut Johnson melalui Playing for Change, seperti ditulis di website-nya, setelah mengunjungi puluhan negara di dunia baik negara maju maupun yang terbelakang, mereka menemukan kesimpulan bahwa ada satu tali yang menghubungkan mereka satu sama lain tanpa memandang kaya atau miskin yaitu musik. "Meski mereka memiliki sumber daya terbatas, standar hidup seadanya, mereka hidup penuh kerukunan, kehangatan, dan musik menjadi penghubung mereka," katanya.
Atas prakarsanya itu Mark Johnson kemudian mendapat undangan untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya tentang musik dan gagasan menyatukan para pemusik kelas bawah di dunia di berbagai forum. Playing for Change sendiri mendapat berbagai penghargaan. "Kami memulai perjalanan dengan gagasan bahwa dengan niat pikiran terbuka dan positif kita dapat menemukan cara menyatukan umat manusia. Musik selalu menjadi bahasa universal dan kami mengikutinya dari jalan-jalan di kota-kota, di pedalaman suku Indian asli, hingga desa-desa Afrika dan Pegunungan Himalaya. Saya tak pernah membayangkan akan menemukan sebuah dunia dengan begitu banyak harapan, cinta, dan inspirasi," tutur Mak Johnson. Sangat inspiratif!




sumber : www.andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar