Kamis, 06 Juni 2013

Ranking 170 vs Ranking 5

Mulai hari ini hingga bulan depan penggemar sepakbola Indonesia akan disuguhkan penampilan tim-tim kelas dunia berlaga di Indonesia. Hari ini Tim Nasional Indonesia akan menghadapi Tim Nasional Belanda yang dilatih Louis van Gaal, mantan pelatih Ajax, Barcelona, dan Bayern Muenchen.

Tak tanggung-tanggung Van Gaal akan membawa skuad utamanya berlaga di Gelora Bung Karno. Di antaranya terdapat nama Arjen Robben yang baru saja membawa Bayern Muenchen juara Liga Champions Eropa, Robin van Versie (Manchester United), Wesley Sneijder (Galatasaray), dan Dirk Kuyt (Fenerbahce).

Indonesia belum pernah menghadapi timnas Belanda pasca kemerdekaan. Namun sebelum kemerdekaan ketika masih bernama Hindia Belanda, Indonesia yang sebelumnya berlaga di Piala Dunia 1938 dan pulang lebih cepat karena kalah dari Hungaria 0-6 (5 Juni 1938), sempat bertanding melawan Belanda di Amsterdam pada 26 Juni 1938. Saat itu Indonesia kalah telak 2-9. Meski kalah Indonesia bisa mencetak gol di babak pertama melalui Hans Taihitu pada menit ke-40 dan Tjaak Pattiwael pada menit ke-45.

Kemampuan mencetak gol sangat diharapkan bisa terjadi malam ini. Berdasarkan peringkat FIFA, posisi Indonesia sangat jauh dibandingkan Belanda. Indonesia saat ini berada di posisi ke-170, sedangkan Belanda di peringkat 5. Belanda juga adalah runner-up Piala Dunia 2010 setelah di final kalah dari Spanyol 0-1.

Apa yang bisa dilakukan Indonesia saat melawan Belanda? Inilah yang menarik ditunggu. Para penonton Indonesia mungkin realistis mengharapkan hasil akhirnya. Jika kalah, yang penting tidak kalah telak. Tapi kejutan apa yang bisa diberikan Timnas?

Selain melawan Timnas Belanda, Timnas Indonesia akan menghadapi Arsenal pada 14 Juli 2013, Liverpool pada 21 Juli 2013, dan Chelsea pada 25 Juli 2013. Bagi Timnas ini adalah bahan pembelajaran berharga untuk menimba pengalaman.

sumber : www.andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar