Minggu, 09 Juni 2013

Bolpoin 70 Tahun

Apa bedanya tinta pena dan bolpoin? Pena adalah pen yang menggunakan belahan baja tipis untuk menyalurkan tinta ke bahan yang ditulis (misalnya kertas). Sedangkan bolpoin menggunakan bola kecil di ujung pen untuk menyalurkan tintanya. Karena menggunakan bola itu maka disebut ballpoint pen.

Siapakah penemunya? Tak lain adalah dua bersaudara Laszlo Biro dan George Biro, orang Hungaria yang menemukannya pada tahun 1938. Laszlo adalah seorang jurnalis. Ia memperhatikan bahwa tinta yang digunakan dalam percetakan surat kabar mengering dengan cepat dan tidak meninggalkan noda pada kertas. Sedangkan saat ia menggunakan pena selalu harus hati-hati karena jika tidak, tidak akan mengotori kertas. Dari situlah timbul idenya untuk membuat pen.

Bersama saudaranya, George, seorang kimiawan, mereka mengembangkan pen dengan sistem baru. Mereka menaruh bola kecil di ujung tabung tinta sebagai penutup. Jika pen digerakkan maka bolanya akan bergulir. Saat itulah tintanya mengalir. Jika pen tidak digunakan, bola kecil itu akan jadi penutup.

Ballpoint atau bolpoin kemudian dipatenkan di Argentina pada 10 Juni 1943. Jadi, diukur dari hari dipatenkannya, hari ini bolpoin tepat berusia 70 tahun.

sumber : www.andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar