Sabtu, 25 Agustus 2012

Lompatan si Belalang

Seekor belalang telah lama terkurung dalam sebuah kotak. Suatu hari dia berhasil keluar dari kotak yang mengurungnya tersebut. Dengan gembira dia melompat-lompat menikmati kebebasannya.
Kemudian, dia bertemu dengan belalang lain. Dia keheranan melihat belalang lain yang bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh darinya. Karena penasaran, dihampirilah belalang itu, dan bertanya padanya, “Mengapa kau bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh, padahal kita sama-sama belalang?”
Belalang yang ditanya pun menjawabnya, “Di manakah kau selama ini tinggal? Karena semua belalang yang hidup di alam bebas pasti bisa melakukan seperti yang aku lakukan.”
Saat itulah belalang yang bertanya tersadar bahwa selama ini kotak itulah yang selama ini membuat lompatannya tidak sejauh dan setinggi belalang lain yang hidup di alam bebas.
***
Kehidupan kita sering kali merefleksikan kisah belalang ini. Betapa kita gemar membiarkan hal-hal negatif (seperti trauma masa lalu, kegagalan, hinaan, ejekan, dll), membuat kita “terkurung” dalam kotak yang membatasi semua potensi kita. Akibatnya, KEKUATAN TERBAIK kita tidak pernah muncul dan perlahan tapi pasti terlupakan.
Sadari bahwa kehidupan kita akan lebih baik kalau hidup ini dijalani dengan 'cara hidup' pilihan kita sendiri. Bukannya cara hidup seperti yang dipilihkan orang lain untuk diri kita! Ingat, perkara biasa bila kita tidak dipercaya/diejek orang lain, tapi menjadi binasa jika kita tidak percaya pada diri sendiri dan bahkan merendahkan diri hingga menjadi pribadi yang terpuruk. 

sumber : www.andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar