Kamis, 31 Oktober 2013

Cikal Bakal Rupiah

Mata uang Republik Indonesia adalah Rupiah. Namun pada awalnya mata uang Indonesia adalah Oeang Republik Indonesia (ORI) yang mulai resmi beredar tepat pada 30 Oktober 1946.

Uang ORI pertama dalam bentuk nominal satu sen dan memiliki gambar muka keris terhunus dan gambar belakang teks undang-undang. ORI ditandatangani oleh Menteri Keuangan saat itu, AA Maramis. Karena ORI sudah resmi digunakan maka mata uang Jepang dan  uang Javansche Bank yang sebelumnya digunakan dinyatakan tidak berlaku.

Meski ORI sudah resmi namun saat itu jumlahnya masih terbatas, juga tak bisa mencakup seluruh wilayah Indonesia. Di Sumatera pada masa itu masih beredar uang Jepang. Untuk mengatasi ini Gubernur Sumatera mengeluarkan mata uang sendiri, Uang Republik Indonesia Provinsi Sumatera (URIPS).

Sedangkan mata uang rupiah baru diresmikan pada 2 November 1949 sebagai pengganti mata uang sebelumnya. Sejak saat itu nama resmi mata uang Indonesia adalah rupiah. Ketika itu kurs rupiah adalah Rp3,80/US$1,00. Bandingkan dengan kurs rupiah hari ini (30 Oktober 2013) yang sebesar Rp11.100,00/US$1,00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar