Senin, 25 Maret 2013

Gelora Semangat Kebangsaan di Xiamen, China

Seminar motivasi  “Unite Your Nationalism Spirit with the Color of Wonderful Indonesia” di Xiamen, Fujian, China, sukses luar biasa. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Permic (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia China) cabang Xiamen itu berlangsung pada siang 23 Maret 2013 dengan pembicara Motivator No. 1 Indonesia Andrie Wongso. Tak hanya diikuti oleh mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di sana kegiatan tersebut juga dihadiri masyarakat setempat yang pernah tinggal atau dilahirkan di Indonesia dengan penuh antusias.

“Ini semacam temu kangen pada Indonesia,” kata The Un Thung, lelaki 70 tahun yang lahir di Jawa Tengah dan pindah ke Xiamen di pertengahan tahun 1960-an, dengan logat Indonesia yang masih kental. Un Thung sangat dikenal di kalangan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Xiamen karena kepeduliannya membantu mahasiswa Indonesia yang mengalami kesulitan di sana. “Ya, semacam kalau ada masalah dengan imigrasi, saya membantu mereka,” katanya.

Sementara Chen Yu Zeng, President Xiamen Indonesia Returned Overseas Chinese Association, mengaku senang dengan kegiatan ini. “Kami (masyarakat Xiamen yang pernah tinggal atau dilahirkan di Indonesia) biasa berkumpul setidaknya setahun sekali untuk mengadakan pesta kebudayaan Indonesia. Sekarang ada kegiatan ini,” katanya. Menurutnya, seminar motivasi kali ini juga sangat mendorong rasa kebangsaan Indonesia. Meski ia sekarang warga negara China, tetapi lelaki kelahiran Bandung, Jawa Barat, 66 tahun itu merasa jadi orang Indonesia. “Meski saya di sini, jiwa saya Indonesia,” kata pensiunan instansi pariwisata China itu.

Kegiatan itu memang dirancang sebagai pesta budaya. “Diselenggarakannya acara ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, cinta budaya, dan cinta Tanah Air Indonesia,” kata Ketua Panitia Geraldo Gelian. Sementara, menurut Ketua Permic Xiamen, Mariska, kegiatan tersebut adalah untuk menunjukkan semangat solidaritas yang terkandung dalam semboyan Indonesia, Bhineka Tunggal Ika. “Walaupun kita berbeda suku, agama, ras, budaya, tetapi kita semua satu,” katanya. “Mari kita sebagai putra-putri bangsa Indonesia selalu mencintai dan menghargai keberagaman budaya Indonesia yang sangat luar biasa,” paparnya.

Kegiatan “Unite Your Nationalism Spirit with the Color of Wonderful Indonesia” diawali dengan bazaar produk Indonesia seperti batik sehari sebelumnya. Dan puncaknya pada 23 Maret 2013. Sebelum tampilnya Bpk. Andrie Wongso, ada pertunjukan budaya seperti Tari Saman dari Aceh dan pertunjukan budaya dari Medan yang penarinya didatangkan langsung dari Indonesia.

Tampilnya motivator kita di puncak acara, makin menegaskan pentingnya rasa kebangsaan ini. Beliau menyebutkan, China bisa berkembang dengan begitu pesat dan dikagumi dunia saat ini. “Jika China bisa, Indonesia pun pasti bisa!” katanya yang disambut tepuk tangan 400-an peserta dengan menggelora. Sedangkan bagi mahasiswa, ia menekankan pentingnya 5 hal yang disebutnya 5D dalam meraih sukses, yaitu Dream, Decision, Desire, Discipline, dan Determination. “Tugas utama kalian adalah belajar.  Maka belajarlah sebaik-baiknya. Setelah selesai, pulang dan bangunlah Indonesia!” katanya dengan menggelora.

sumber : www.andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar